Ini Keutamaan Lafal Hauqalah atau La Haula wa Quwwata Illa Billa
Kita telah akrab dengan lafal Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi atau sering disebut hauqalah. Kita dianjurkan untuk sering mengucap hauqalah karena lafal ini merupakan sebuah pengakuan keterbatasan manusia atas kuasa Allah SWT.
Berikut ini adalah lafal hauqalah berikut terjemahannya.
Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi
Artinya, “Tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang maha tinggi lagi maha agung.”
Syekh M Nawawi Al-Bantani menyebutkan sejumlah keutamaan lafal Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi. Ia mengutip hadits riwayat Ibnu Abid Dunya perihal orang yang melazimkan pembacaan lafal Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi.
ومن خواصها ما في فوائد الشرجي قال ابن أبي الدنيا بسنده إلى النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال من قال كل يوم لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم مئة مرة لم يصبه فقر أبدا اهـ
Artinya, “Salah satu keistimewaan lafal hauqalah ini adalah apa yang disebutkan di dalam Fawaidus Syarji, yaitu hadits riwayat Ibnu Abid Dunya dengan sanad tersambung hingga Rasulullah SAW bahwa ia bersabda, ‘Siapa saja yang membaca Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi setiap hari sebanyak 100 kali, maka ia selamanya takkan ditimpa oleh kefakiran,’” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 5).
Syekh M Nawawi Banten juga mengutip hadits yang menjelaskan keutamaan lafal Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi. Menurutnya, hauqalah merupakan lafal yang baik dibaca ketika seseorang tengah dirundung kesulitan dan kebuntuan.
وروي في الخبر أيضا إذا نزل بالإنسان مهم وتلا لا حول ولا قوة إلا بالله العلي العظيم ثلا ثمائة فرج الله عنه أي أقلها ذلك ذكره شيخنا يوسف في حاشيته على المعراج
Artinya, “Diriwayatkan di dalam hadits juga bahwa bila kebimbangan hinggap di hati seseorang lalu ia membaca Lā haula wa lā quwwata illā billāhil ‘aliyyil azhīmi sebanyak 300 kali, niscaya Allah membukakan jalan keluar baginya, maksudnya Allah mengurangi beban kesulitannya. Hal ini disebutkan oleh guru kami, Syekh Yusuf dalam hasyiyah Mi’raj-nya,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Kasyifatus Saja, [Indonesia, Daru Ihyail Kutubil Arabiyyah], halaman 5).
Lafal hauqalah ini merupakan bacaan baik atau kalimah thayyibah yang memang seharusnya dilazimkan oleh lidah kita sebagai umat Islam. Dengan kelaziman pada bacaan lafal ini, kita berharap Allah membuka jalan keluar atas kebuntuan masalah yang tengah kita hadapi. Wallahu a‘lam. (hudabrahchumaedy@gmail.com)
Sebaiknya perlu kita kita pahami bahwa edutainment itu berasal dari kata education dan entertainment. Education itu sendiri memiliki arti pendidikan, sedangkan entertainment memiliki arti hiburan. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa edutainment merupakan sebuah metode atau model pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan yang dipadukan atau dikombinasikan dengan hiburan sehingga anak/peserta didik tidak merasa jenuh maupun bosan dalam mempelajari apa yang diajarkan oleh guru/pengajar. Dengan adanya edutainment juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan dan bisa meningkatkan minat anak/peserta didik. Jadi, apa itu edutainment bisa diartikan sebagai proses pembelajaran yang didesain dengan memadukan antar muatan pendidikan dan hiburan secara harmonis, sehingga aktifitas pembelajaran berlangsung menyenangkan.
Konsep edutainment bisa diterapkan seperti hal-hal berikut:
Menggunakan demonstrasi
Menerapkan penggunaan multimedia
Mengkombinasikan belajar sambil bernyanyi
Menggabungan pendidikan dengan permainan (game),
Menyelipkan humor yang berhubungan dengan pendidikan,
Menggunakan metode bermain peran (role- play) pada pendidikan
dan lain-lain
Konsep edutainment ini memiliki tujuan supaya anak/peserta didik bisa mengikuti dan merasakan proses pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan, menghibur, dan mencerdaskan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.
Manfaat Edutainment:
perasaan positif seperti senang maupun gembira akan mampu mempercepat proses pembelajaran.
Bisa menjadi batu loncatan untuk meraih prestasi belajar karena emosi anak/peserta didik terkendali dan bisa mengembangkan nalar anak/peserta didik
Pembelajaran yang menyenangkan bisa meningkatkan minat dan motivasi anak/peserta didik dalam pembelajaran.
Mencapai hasil belajar yang optimal.
Perpaduan antara belajar dan hiburan yang menyenangkan ini didasarkan pada sifat alamiah anak yang dalam kesehariannya membutuhkan waktu bermain dan hiburan. Sehingga konsep pembelajaran edutainment ini bisa membantu anak untuk belajar lebih efektif karena diterapkan dalam kondisi yang menyenangkan dan bebas dari tekanan.
“Atau paling tidak jadilah seperti rembulan yang mampu mengarahkan sinar, menerangi bumi di malam gulita. Cahaya matahari seperti ilmu dan kasih yang tak pernah berkurang meskipun senantiasa dipancarkan untuk menerangi semesta.”
Kangge Sungkeman wonten Basa Jawi lan Idhul Fitri | Sungkem nyuwun pangapunten kangge Lebaran utawi pur puran Luberan barokah | Tuladha Sungkeman Basa Jawi Halus lan Artosipun | ukara Sungkeman Adat Jawi - kangge tiyang jawi nalikane lebaran nggih menika moment kang tepat kangge nglakokaken sungkeman utawi kasebat istilah nyuwun lan pasrah pangapuran Tata caranipun kang sederhana sungkem sendiri biasanya sambil duduk, dan mereka yang lebih muda akan mencium asta kekalih sinungkep daapit astane tiyang ingkang kalangkung sepuh saudari saking kalangkung sepuh. Mboten cekap dugi semanten kemawon, piyambakipun ingkang kalangkung nem ajeng ngaturaken salam pangalembana kantj tembung arupi basa jawi alus kanthi kromo ingil.
Kangge tiyang jawi, lebaran kirang pas bilih mboten dipun wiwiti jaliyan kaliyan wontenipun tradisi sungkeman. Biasanipun, priyantun ingkang langkung nem ajeng mlampah milangkori ngubengi grita sederek ingkang langkung sepuh utawi ingkang dipun dituakan. Sesampunipun jajah desa milangkori ngubengi lan sungkeman, biasanipun dipun susul kaliyan adicara maem. sesarengan kaliyan kelan spesial diing dinten lebaran. Salah satunggalipun nggih menika kupat campur santen opor ayam atawi opor bebek. Lan tentunipun nggadhahi makna ingkang benten ing antawisupun daerah ing Indonesia. Nanging , sak mbotenipun tata cara lebaran idhul fitri panci mboten onclat saking apu apuranan, Nanging , saben daerah lan wilayah nggadhahi asma lan tradisi piyambak.
om.
Nah, kangge lare nem neman ingkang fereng saged sanjang nalikanipun sungkemdatengbkadeuhan ing basa jawi, lan kangge lare kang sanes asli tiyang jawi lan mungkin kirang lancar ing dalem ngginakaken basa jawi khususipun jawi alus. Sampeyan boten usah bingung keder sanjang nopo maturipun tembung tembung napa kangge nglampahi tradisi sungkeman ing daerah jawi. Menika kula damelaken kumpulan tembung tembung kangge sungkeman jawi halus kangge sampeyan.
Sawangan adalah desa di disktrikKebasen, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Grumbulnya adalah Gombolori, Cunthelan,Jurugbunglon, Menganti, kebotoan, dan karangmangu. Desa Sawangan bersamaan batasnya dengan Desa Kaliwedi (Timur), Desa Kalisalak (Utara), Desa Kebasen dan Gambarsari (Barat) serta bersamaan batasnya langsung dengan Kabupaten Cilacap (Selatan). Batas Selatan Desa Ini adalah Jalan Raya Sampang-Buntu, yang menghubungkan Cilacap-Jogja dan adalah anggota dari Jalan Nsional Selatan Jawa.
Rabu, 01 Mei 2019
Nyadran Tradisi Ziarah yang Menyejarah di Leler Randegan Kebasen Banyumas
Tradisi mangan bareng sakjerone nyadran Foto Istimewa
Ngajengaken wulan suci Ramadhan, minangka masyarakat ingkang taksih njunjung duwur kebudayan Jawi, nindakaken tradisi bersih makom leluhur utawi ingkang populer sinebut nyadran. Sak lebetipun tradisi Nyadran, keluargi leluhur bersihaken maqom leluhuripun ingkang sampun sumare, kanthi lampahan bersihaken dirinpribadinkalangkung rumiyin. Lajeng nuli bundal, lan nglakukaken slametan ing maqom.
Biasanipun ya, Nyadran dilakokaken saben dinten ke-10 bulan Rajab atau tanggal 15, 20, dan 39-30 Ruwah atawane Sya’ban. ing tradisi ziarah kubur, biasane peziarah mbekta kembang telasih. Kembang telasih ngelambangaken pereke hubungan antarane peziarah kaliyan arwah ingkang dipun ziarahi. Saklajengipun bar Ndunga , para ziarah nggelar kenduri atawane mangan bareng tangga teparo ing sedawane dalan sing mpun digelari tikar lan godhong gedhang. Panganan sing digawa ngudokaken rupa panganan tradisional, kayadene apem, ingkung ayam, tumpeng bosok, sambal goreng ati, urap sayuran lan lawuh rempah, perkedel, tempe lan tahu bacem, lan liya- liyane
Spirit nyadran menikolah sing kehadirane tansah dikangeni. kayadene ajang silaturahmi sekeluarga besar kanthi penduduk masyarakat sekitare makam leluhur, nyadran kabukten bisa ngraketaken hubungan sosial. oranana sing ngerasa kepetak utawane ngeblok kotak-kotak atawa dipandeng sebelah mata, sebab mereka punya misi yang sama. Dari sini, terbukti jika nyadran yang merupakan satu bentuk akulturasi budaya ini mampu menjadi salah satu daya perekat sosial.
Nyadran: Ajang Meraup Berkah
Tak hanya nyadran ke makam leluhur. Pelaku nyadran juga kerap melakukannya di makam-makam keramat yang dipercaya mampu mendatangkan berkah. Sebagai contoh, di Kabupaten Banyumas, masyarakat melaksanakan nyadran di makam Syekh Muchorodin atau Mbah Agung Mulyo.
Di Kadilangu Kabupaten Demak, nyadran dilakukan di makam Sunan Kalijaga. Di Dusun Panjang Lor, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, ritual nyadran dilakukan di makam Nyi Tirto Tinoyo atau lebih dikenal sebagai Nyi Panjang. Sementara warga Dusun Gesingan, Desa Bulakan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, menyelenggarakan ritual nyadran di Pemakaman Gesingan.
Dibumikannya nyadran oleh Walisongo dalam mendakwahkan Islam, memang telah mengubah wajah nyadran yang dahulu merupakan tradisi Hindu-Buddha. Nyadran diselaraskan dengan ajaran Islam, yakni dengan pembacaan ayat Al-Quran, tahlil, dan doa. Pada akhirnya, nyadran pun menjadi satu bentuk simpul hubungan antara leluhur dengan sesama manusia dan Tuhan.