Kamis, 19 Oktober 2023

PAMIT NGINEP NGGONMU

 PAMIT SIMBOK NGINEP NGGONMU

"Ora  bisa mbok, Simbok. Aku karo Mas Huda sibuk," 

Aku Mungkur bisa njunjung  nafas abot rasane bareng keprungu ucapan Tantri nalika aku njabel  maksudku kepingin Melu nginep  nunggoni putu Nang aring umahe Tantri  sing jere monge mandan omber tur gedhe. 

"Simbok ora arep ngrepoti kowe, Nak. Simbok isih bisa polah nglakonin nyambut gawe ngapa-nvapa dewek." Aku njajal aweh pangerten anggone nolak  pengarap deweke bisa owah pikirane. 

Sewise bojo ninggal, aku mung urip dewekan. Kesepen, ora ana kang gelem mbatiri. Anakku Kabeh cacah telu pada wis umah umah Kabeh lan nduweni panguripan dewek-dewek. Apa aku salah nekan kepengin nunut Melu Karo salah sijine sekang bocah bocahku ?

"Ora bisa, Mbok . Lan karemane  anake mboke ora kur nyong thok. Ana Mas Karmin uga," tambahe Tantri sing ana Nang sekjerone, Karo mripat tetep fokus Nang aring hp sing  dicekeli . 

Aku ngedepna mripat. Anak wadon  sing sedawane kiye dieman  lan dikudang kudang bisa nyenengna malah kanyata babar blas ora  peduli Karo simbok. Apa pancen deweke ora kemutan, kios sing nggo dodolan  ponsel sertane aksesoris kae serta pulsa sekang sekabehe operator mau modale sekang Simbok Kabeh merga Simbok adol sawah? 

"Ya, ya,  mbok. Sikine Simbok Melu Mas Karmin bae. Deweke kan  anak lanang. Deweke sing lewih duwe kewajiban nampung Simbok sikine." Anak wadon sing wis bisa ngewehi putu loro njuran deweke menthelengi nadyan sedela njuran mbalik  fokus Karo hp ne. 

Beneran kaya kiye kedadeyanmu ? Anak lanang lewih  berhak  Karo kewajiban ngrumat simbok tinimbang anak wadon ? 

Karo  mlangkah lungle aku  ninggalna umah sing klebune mewah tingkat loro mau. Tek urut guluku merga krongkonganku sing krasa garing. Wetengku kluruk moni kayane  cacing-cacing sing nang jero ngrasakna  lan melu protes ora nana panganan sing  mlebu. Miki Tantri ora nyuguh inuman apamaning panganan. 

Luh mripatku mili netes mbarengi gerimis sing mulai nelesi lemah sore kiye.   Dadaku krasa sesek kalane kepenget  cuek ke  tantri anak wadonku, aku sing wis nglairna dewke mau. Apa pancene wis ora nane rasa kangen nang atine deweke sewise pirang sasi ora tau kemu? Oh, nadyan deweke ora gelem nyalamiku apananing ngrangkul awakku nalikane aku teka kitmau anggepane biyungmua kiye wong  liyan. 

Kanthi  ngojek aku wis tekan ngarepan  umahe Karmin sejam sewise aku lunga sing ora pamit sekang umahku  dewek. Aku mung gumun nyawang umahe Karmin sing  mewah sertane halamannya yang asri dengan aneka tetanduran kembangan. Aku  mesti betah manggon nang kene

Mandan semangat aku ngethok ngethok lawang, pengarepku anak sing tansah tek turuti kaeh penjalukane, nglamun bakale disambut tekaku kanthi begja. 

Keprungu mlangkah sikil sedurunge lawang kebukak. Udun Karmiin sing ana nang ngarepku, taoine Diana--bojone sing nampa nyambutku. Ah, aku kelalen nekan sikine Karmin isih kerja minangka  manager nang perusahaan bonafit kanthi gaji lan bayarane gede sing nate Karmin  critakna maring aku. 

"Simbok? Ana perlu apa simbok tekan ngeneh?" Pitakonane Diana tanpa prentahaku mlebu lewih ndisiti. 

Ngelus dada aku krugu  sesumbare sing kelontar sekang tutuke mantu sing sekiyene  tek banggakna merga anake wong sugih. 

"Simbok kangen karo anak lan putu," jawabku klawan lambe ndemimil. 

Diana mendelikiku awit kang pucuking sirah tekan jempol sikil. "Terus, kenangapa Ibu nggawa tas gede kayakuwe? Ibu kepengin nginap nangkene?"

Deweke nglirik tas junjung isi klambi sing tek glethakna nang mester" Iya, Din. Ora kur arepa nginep, tapine simbok pingin__

Aku urung rampungan ngomong  ana swara mobil iram mlebu plataran lan ora suwe sing duwe mudun. Deweke Karmin, anak lanangku sing paling tampan. 

Rasa rindu seknalka pecah sejrone dada weruh anakku siki keton gagah kanthi keme nganggo klambi polos werna biru laut sing lengane ditekuk tekan sikut. Rupane  keton menawan klawan janggut semun b biru bekasedicukur. Seneng, monggog atiku pingin cepet ngrangkul.

Njur tapie kabeh ora pada karo ekspektasi. Anak sing ganu teksusoni nganti rong tahun lawase nolak tekungkapna  maksudku  kanggo melu nunut dewke. 

"Ngapurane, Mboku. Aku ora bisa nerima simbok melu nginep nangkene. Diana ora gelem nampa  dana  wong liya nang umah,"  kene rembuge Karmin. 

Mataku krasa panas. Lara lan nyeri atikukiye. Nampa lakon deweke  ngomong wong liya padahal biyung sing nglairna anggepe wong seen? Tega mentala temenan. Apa  wis kelalen, dewe bisa mbangun umah tingkat loro kiye mergane adol rong petak sawah sing tekduweni demi nuruti penjakukane bojoe? 

Luhsing netesi pipi kuwe tandane nek aku bangat kecewane sikinea aku wis duwe apa-apa, deweke pada nglalekna aku biyung sing wis ngrumati Iya, urung suwe bojoku ninggal, sisa sawah sing isih ana wis didol nggo bayar utang lan biaya ngurus jenazah sing ora sethithik. umah sing tekwehna bocah uga  wis didol nggo bayari utang. 

Mengndi aku siki  ...

Sebenare isih ana siji anak maning sing urung tek temoni. Deweke anak ragil jenenge Nasrul, tapi rasa ragu nanggati kanggonku ketemu apamaning ngntapna maksud brayan bebarengan deweke. 

Anak sing sedawane teksayang lantek modali kanggone umah umah ora gelem ene nrikaku apamaning deweke sing tansah teksepelekna? 

Ing antara anak-anakku kur Nasrul sing ora olih bagenan sawah sekangku. Aku oratau ngrestoni nikahane deweeke koro Arum sing asal usul keturunane wogn oraduwe

Naliane Nasrul teka mengumah aep nyelang duit nggo biaya anake nang umah sakit, tapi tektolak mentah-mentah. Nanging, pada akhire aku ora tega. Aku nyanggupi aweh utangan asal gelem bubaran karo Arum lan nikah karo wadon liya pilihanku, tapine deweke nolak. Mbuh nangapa deweke malah milih ngeboti Arum sing anake wong ora duwe

Sekang sedulur cah telu mau kur Nasrul sing urung duwe umah dewekan lan pancen tekjorna baen deweke ngontrak lan ora tau kerja mbuh ngapa dewrke sikine. 

Aku njagong setengahe ngalamun nang pinggir dalan sebalike kang umahe Karmin. Tekcekeli wetengku sing mandan keroncongan. Tek tiliki dompet lan niliki isine. Syukurlah isih ana duit nadyan orasepiraora. 

Idohku netes nalikane weruh bakul sega goreng nang  pinggir dalan. Kayane enak, keton pirang pirang sing agi ngantri nunggu pesenane dijujugna. 

Aku mlebu warung tenda sing ora patia amba. Ambune  sega goreng sing khas mlebu irung. Njura aku nagong nang salah sijine bangku kosong. 

Sewise pelanggan nrima pesanane, siki giliranku sing dipedekati sang bakul kanggo nakoni sega goreng sing kayaapa sing dakkarepa. 

"Mbok?" Bakule sega goreng mandankage weruh aku. 

Aku ndengak ndelengna bocah lanang nang ngarepku sing isih nganggoi masker. Saking kageteaku nalika masker  dibukak kanyata deweke Nasrul, anak ragilku sing banget tekbedani. 

Sewiseku ngadeg lan gagiyan kepingin ninggalna panggonan kene tapi  Nasrul nyegah. 

"Tunggu, mbok. Kenangapa simbok bisane nang kene? Simbok arep  meng ndi? Lan kenangapa simok nggawani tas sing gedene semene?" takonane Nasrul karo ngranggeh tanganku. 

Aku ndingkluk. Luh bening kiye netes sekatepe dewek nelesi pipi nalika ngemuti anak-anak sing wes tega ngusiraku. Seumpamane Tantri utawane Karmin mau nampaaku, mesti aku oraperlu ana nangkene lan temu Nasrul. 

Kanthi lambe getar aku ceritakna sekabeyane merga Nasrul terus maksa. 

"Astagfirullah, dadi sikine simbok ora duwe nggon?"

Aku ngangguk lemes. Isin, Nasrul mesti ngguyoni aku nangjero atine

"Nek simbok bisa lan gelem siki melu  bareng aku," 

Aku ndengak. "Apa kowe ora kerepoan kanggona simbok  sing slalune gawe kucwamu, Rul? Memange ora papa lan ora dendam karo simbok?" Pitakonanku lirih. 

Nasrul senyum. "Tekan kapan pun aku tetep sayang karo simbok." 

Aku ora tahan  kanggone ora  merangkul deweke. Anak sing sedawane kiye  sengit sewalike anak-anakku sing liyan e sing ganu kusayang malah ora ngrope

"Simbok nunggu kene ben tekjiotna ndisit sega goreng lan bare kiye aku bali bareng supayane bisa ngaso," ujare nasrul karo nuju dapur nang warunge. 

Kusawang gegere atiku nelangsa. Nalika anak sing liyane tek wei modal akeh kanggo usaha, deweke trima  mung dadi bakul  sega goreng. 

Senalika rasa nyesalku ndongol. Andai waktu bisa kuputar ulang, tidak akan kusia-siakan dia. 

Nasrul ngaejakku numpak motor deweke. Jantungku trataban ora karuan nalika nang dalan. Nasrul pancen wes nrimaku, tapi kepriwe karo bohone sing ganu slalu tek nyek ntong  ntongan? 

Kepriwe nekan deweke isih lara ati  lan ora gelem nampaku? 

"Kiye rumahku, Mbok. Ngapurane, umahe cilik." Nasrul nggandeng tanganku kao tangan kiwe sementara tangan tengene ngetuk laang karo ngucap salam. Aku mlengos nalika lawang kebuka lan krungu jawaban salam sekang wong sing banget teksengit.

"Simbo?" ucap Arum. Aku orawani ndengak. 

Aku kaget nalika ujug ujug ngrangkulku. "Alhamdulillah, nek simbok gelem brayan bereng dewek. Miki Mas Nas wis ngomong liwat tlepon." 

Ya Allh, kanyata Arum sblas ora m nyegitku. Mataku panas mbarengi luh mata kang netes deras.

Den Tulis:  HUDABRAH CAKEBASEN

Sabtu, 22 Juli 2023

GEBYAR MUHAROMAN 1445 H



LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN SISWA DAN SANTRI

 Hudabrah_Cakebasen 

Madrasah Aliyah Sains Al Qur'an Ma'arif Sumbang  (MASQUMAMBANG) melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Santri (LDKS) pada hari Sabtu- Minggu 15-16 Juli 2023 di Komplek Perguruan Pondok Pesantren Sains Al Qur'an Nusantara Sumbang  Kabupaten Banyumas dengan tema " Menyatukan Visi Pemimpin Yang Cerdas, Kreatif, Disiplin Berakhlak Mulia  adalah Nilai Sebuah Kehebatan dan Tanggung Jawab".


Latihan Dasar Kepemimpinan Santri (LDKS) merupakan bentuk kegiatan yang bertolok ukur kepada peningkatan sumber daya santri  dan peserta untuk mendalami dan memahami tentang konsep-konsep atau dasar – dasar sebuah organisasi.


Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian para peserta didik yang matang dalam memahami kepemimpinan,  membentuk personal kepemimpinan pribadi siswa yang hebat dan bertanggung jawab.


Kegitan ini di hadiri oleh Kepala MA Ma'arif NU Sains Al Qur'an Sumbang  Amin Khaerudin, Amin Khaerudin ,M.Pd  MPK  dan Ka Gudep 07.3601 Ka Gudep 07.3602, Pembina Osim, Guru Pendamping ekstrakurikuler PN, KIR, PMR dan PAGAR Nusa, panitia pelaksana LDKS serta peserta LDKS yang akan menjadi pengurus OSIM dan MPK Masa Hikmat 2023-2025 


Amin Khaerudin, M.Pd.I mengatakan, para siswa Madrasah dan Santri PPSQ  harus bisa memimpin dirinya terlebih dahalu sebelum ia memimpin orang lain ,di mana nantinya ia dapat menjadi contoh teladan bagi siswa dan santri  yang lain agar lebih dapat disiplin dan bertanggung jawab. Serta semua siswa dan santri memiliki potensi dan bakat nya masing masing. Dan Amin Khaerudin pun mengaharapkan pengurus OSIM, PMR, KIR, DEWAN AMBALAN dan PAGAR NUSA  dapat menaikan citra Nadrasah dan memajukan Pesantren Sains Al Qur'an Sumbang.. 


Selama menjadi pengurus OSIM, DEWAN AMBALAN, PMR, KIR, PAGAR NUSA untuk setahun ke depan, para siswa dan santri akan membawahi organisasi siswa dan harus bisa menjadi teladan bagi teman-temannya. 


Dalam kegiatan LDKS ini tidak hanya dibekali apa saja program kerja OSIN, PMR, DEWAN AMBALAN, PAGAR NUSA, DAN KIR, tetapi peserta dibekali dengan materi- materi yang menunjang dalam berorganisasi diantaranya public speaking dan keprotokoleran, dan materi tersebut selain diberikan oleh para guru tetapi juga diberikan oleh pemateri dari luar diantaranya menghadirkan salah satu Keluarga Mahasiswa Banyumas Raya (KEMBARA).


Selasa, 18 Juli 2023

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN PESANTREN DAN MADRASAH (MPLPM)

 



MPLMP  2023 sebagai Pintu Gerbang Penanaman Karakter Peduli Lingkungan, Melalui Poskestren

17 Juli 2023


Masqumambang, 17 Juli 2023. Pengenalan lingkungan Madrasah dan Pesantren (PLMP) yang biasa dikenal dengan sebutan Masa Ta'aruf Siswa dan Santri  di Madrasah (MATSAMA)  adalah kegiatan pertama masuk Madrasah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana Madrasah maupun di Pesantren, bagaimana, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur madrasah.  Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah dan Pesantren  (MPLMP) Tahun Pelajaran 2023/2024 tingkat Madrasah Aliyah Ma'arif NU Sains Al Qur'an Sumbang, di lingkungan Lembaga Pendidikan Ma'arif Kab Banyumas,  dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 17 Juli sampai 24 Juli 2023. Adapun tujuan MPLMP yaitu:


Mengenali potensi diri peserta didik dan santri baru guna membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan madrasah di pesantren. 

Menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai santri peserta didik baru

Mengembangkan interaksi positif antara santri dan peserta didik dengan warga madrasah lainnya

Menumbuhkan perilaku positif sesuai dengan pendidikan karakter di Indonesia

MPLMP atau MATSAMA  di MA Ma'arif NU Sains Al  Qur'an Sumbang serta Pondok  Pesantren  Sains Nusantara Sumbang yang diikuti oleh 170  peserta didik baru dari  kompetensi keahlian, yang ada di Madrasah dengan dipadukan dengan model  kurikulum Pesantren  Kegiatan MPLMP  diawali dengan upacara pembukaan dihalaman madrasah,  yang dihadiri oleh seluruh dewan guru dan ustad/dzah,  karyawan, peserta didik kelas XI, XII dengan menghadirkan perwakilan orang tua, dan pengurus komite. Kepala Madrasah membuka kegiatan MPLMP dengan ditandai melekatkan pita  sebagai tanda dimulainya kegiatan dimaksud, serta sebagai simbol tanda dimualainya  kreativitas siswa  dalam meraih prestasi. Sesi pembukaan dilanjutkan dengan penandatangan berita acara serah terima peserta didik dari orang tua kepada pihak pesantren.


Hajjah Rofingah, S. Ag.  yang bertindak sebagai pengurus pondok  menyampaikan bahwa “Selamat datang kepada santri dan peserta didik baru di pondok pesantren Sains Al Qur'an Nusantara sumbang  dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan, sehingga Madrasah Aliyah Ma'arif NU Sains Al Qur'an telah dipilih sebagai madrasah  pilihan untuk berTholabul Ngilma.  Selama masa MPLMP, santri dan peserta didik akan dikenalkan dengan program-program dan budaya yang ada di Madrasah dan Pesantren untuk mewujudkan visi Madrasah, yaitu berkarakter, kompeten dan wawasan lingkungan”, tutur Rofingah.  Selain kelas X yang mengikuti MPLMP, kelas XI pun mengikuti program penguatan karakter yang perlu peningkataan setelah melaksanakan LDKS  yang berdampak pada penurunan karakter peserta didik.


Dalam rangka mencapai tujuan MPLMP, di hari pertama, peserta didik baru mendapatkan materi dari Kepala Madrasah dan Tim Manajemen tentang kebijakan Madrasah, implementasi kurikulum, tata tertib, dan pengenalan lingkungan Madrasah serta sarprasnya, agar peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.


Pada hari kedua, peserta didik baru dikenalkan lingkungan sekitar Madrasah yang dikemas dalam bentuk Tadzabur Alam Cultur Pesantren “Wujudkan POSKESTREN dengan Menerapkan Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH) sebagai Bukti Cinta Kita pada Bumi”. Dalam cultur tersebut, peserta didik melakukan kampanye hidupa bersih dengan membuat kalimat  motivasi tentang PRLH, bakti sosial di lokasi,  Masjid/Mushola, 3, 4 RT dan 5 jalan umum. Bakti sosial berupa membersihkan jalan dan drainase, menempelkan 100 stiker PRLH.


Santri  peserta didik yang didampingi oleh 1 orang guru pendamping dan 2 anggota OSIM menuju lokasi bakti sosial pada pukul 07.30 untuk mengkampanyekan PRLH kepada masyarakat melalui tindakan nyata. Sebelumnya, Amin Khaerudin, M.Pd.I menyampaikan motivasi saat pelepasan Tadzabur Alam , yaitu “Kita akan berbakti kepada masyarakat, melayani masyarakat dalam kaitannya dengan penegelolaan lingkungan lingkungan hidup sebagai implementasi rasa cinta terhadap lingkungan, terutama lingkungan sekitar Madrasah dan Pesantren kita, sehingga turut membangun desa sekitar madrasah. Kerjakan dengan ikhlas, sepenuh hati, dan rasa syukur, karena diberi kesempatan berbuat baik terhadap sesama dan lingkungan, semoga berkahnya akan membuat semua kegiatan sekolah kita lancar dan kemudahan rezeki kepada kalian yang telah menebar kebaikan”.


Peserta didik kembali ke madrasah pada pukul 09.00, lalu dilanjutkan pemaparan program poskestren oleh Tim Dinkes dan pentingnya pilah sampah oleh  Tim pada pukul 09.30 s.d. 11.00. Pemaparan Program PosKesTren diawali dengan  lagu Mars Hidup yang mencerminkan tujuan program poskestren dan PRLH yang diharapkan dari warga madrasah Sedangkan Tim memaparkan kondisi pesantren  di Indonesia yang telah mengkahwatirkan dan upaya nyata pengurangannya dengan cara memilah sampah mulai dari diri sendiri agar dapat didaur ulang, sehingga sampah yang terbuang ke lingkungan hanya residu. Cultur Poskestren akan diakhiri dengan kegiatan Penerimaan Tamu aAbalan PTA Ki Ageng TAMBAKBAYAN dan Nyi Dyah Sawitri  pada hari Jumat (25/7) komplek NU Centre Ppsq Sumbang .


Untuk mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga madrasah  lainnya, pada hari Kamis (24/7), peserta didik baru akan disuguhkan aksi dari hasil unit kegiatan siswa yang ada dI Madrasah Aliah Ma'arif NU Sains Al Qur'an Sumbang dikemas dalam acara “GITA SANTRI WIDYA NUSANTARA” yang bertema “Mencetak insan yang islami, patuh dan bermoral serta unggul dalam membangun madrasah hebat bermartabat”. Pada acara tersebut, seluruh perwakilan dari peserta didik akan menampilkan karya terbaiknya sesuai potensi masing-masing. Kegiatan MPLNP akan diakhiri dengan  materi Iman dan Taqwa pentas siswa dimakanm Bara Api Menggema Ujud unggun Korbankan  segala daya imajinasi santri tuk bertekad menggapai prestasi pada Sabtu (22/7), agar peserta didik lebih siap dalam mujahadah dan istighotsah menyambut malam tahun Baru Hijriyah 1445 H dan akhir dari rangkaian MATSAMA  dilanjutkan penghayatan dalam ber PTA  yang akan dihelat pada hari Rabu  (19/7).


 


 Penulis: Hudabrah_Cakebasen

Rabu, 21 Juni 2023

Selasa, 05 Juli 2022







PROFIL

PONDOK PESANTREN SAINS AL QUR’AN “NUSANTARA”

KEC SUMBANG KAB BANYUMAS

 

1..

IDENTITAS

 

 

 

 

 

Nama

:

PONDOK PESANTREN SAINS AL QUR’AN “NUSANTARA”

 

 

 

Alamat

:

Jl Puteran Dusun III Rt 03/05 Desa Tambaksogra Kec Sumbang Kab Banyumas Jawa Tengah 53183

 

 

 

Ijin Operasional

:

510033020220

 

 

 

Nomor Rekenng

:

007701 001358566

 

 

 

NPWP

:

02.109.098.0-023.000

 

 

 

Atas Nama

:

PONDOK PESANTREN SAINS AL QUR'AN NUSAANTARA SUMBANG KAB BANYUMAS 

 

 

 

Penyelenggara

:

MWC NU Kecamatan Sumbang

 

 

 

Akta Notaris

:

AHU-70.01.08 Tahun 2010

 

 

 

Tahun Berdiri

:

8 Juli 2019

 

 

 

Nomor HP

:

085600044444

 

 

 

 

 

 

2

PENGELOLA

 

 

 

A

PENGURUS

 

 

 

 

1

Ketua

:

Hj ROFINGAH, S.Ag

 

 

2

Wakil Ketua

:

Hj SOIMAH

 

 

3

Sekretaris

:

ARINA SUSILOWATI, S.Pd

 

 

4

Bendahara

:

Hj SUWARTI SUBAGYO

 

B

PONDOK

 

 

 

 

1

Pengasuh

:

AMIN KHAERUDIN, M.Pd.I

 

 

2

Sekeretrais

:

SYAMSUL HUDA CHUMAEDY, M.Pd

 

 

3

Bendahara

:

SEPTI NUR HAYATI, M.Pd

 

 

4

Kord Pendidikan

:

MUHAMMAD KHARIS, S.Pd

 

 

5

Kord Usaha

:

NARPUN

 

 

6

Kord Bina Program

:

Hj TUTIWI SUTARNO

 

 

7

Lurah Pondok

:

FAHRUL LATIF BUDIANTO

3

KEGIATAN

 

 

 

 

1

Bid Pend Formal

:

Madrasah Aliyah, Diniyah

 

 

2

Bid Ketrampilan

:

Peternakan, Pertanian, Multimedia, Bengkel, Magang

 

 

3

Bid Sosial

:

Majles Ta’lim, Jam’iyatul Qurro wal Hufadz

 

 

4

Bid Olag raga, Seni

:

Hadroh, Tilawah, Kaligrafi, Pencak Silat Pagar Nusa, Tahsinul Qur’an, Al Barjanji/saraful Anam, Muhadhoroh,

 

 

5

Potensi yang ada

 

 

 

 

 

Dewan Assadzid

:

Putra

:

5

Putri

:

12

Jumlah

17

 

 

 

Santri

:

Putra

:

5

Putri

:

22

Jumlah

37

4

Sarana Prasarana

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Luas Lahan

:

3.5 H

 

Status Tanah

:

Wakaf ber sertifikat

 

 

 

Gedung Sekolah

:

1

 

Masjid

:

1

MCK

2

 

 

 

Asrama

:

1

 

Aula Jadid

:

1

Dapur

1

 

 

 

Lapangan Utama

 

1

 

 

Kebun

:

1

Kantor

1

5

Sarana Sekolah/Diniyah

:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ruang Guru

:

1

 

 

Ruang Kantr

:

1

Diniyah    

1

 

 

 

Koperasi

:

1

 

 

Ruang UKS

:

1

Lab

1

 

 

 

Perpustakaan

:

1

 

 

Lap OR

:

1

 

 

 

6. SEJARAH SINGKAT

                   PPSQ “NUASNTARA” Sumbang berdiri di atas lahan tanah waqof milik  Pondok Pesantren Tahfidz dan Sains Al Qur’an “NUSANTARA”  berada di Puteran Rt 03/05 Dusun III Tambaksogra Kecamatan Sumbang  Kabupaten Banyumas  berupa aktualisasi  dari para pemikir guna mewujudkan Pondok Pesantren Unggulan Berbasis Sains dan Al Qur’an dengan sistem perpaduan Pendidikn Menengah atas..

                   Mendirikan, membina dan mengembangkan lembaga pendidikan formal dan non formal yang efektif dan efesien, merupakan kewajban bersama ssuai dengan cita cita dan tujaun Pendidikan Nasional yakni pembangunan pendidikan diarahkan untuk meningkjatkan harkat dan martabah manusia serta meingkatkan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan 

                   Berawal dari kondisi banyaknya siswa siswi lulusan MTs dan SMP yang berada diwilayah pelosok Kecamatan Sumbang yang tidak melanjutkan sekolah ketingkat lanjutan atas, baik MA, MAK, ataupun yang setingkat dengan  alasan ekonomi dan jarak yang jauh. kemudian bersma itu bermunculan pula rintisan sekolah sekolah kejuruan baru dengan berbagai jurusan di Kecamatan umbang yang notebone sekolah kejuruan tersebut bukan berbasis agama, sehinga untuk mengimbangi hal tersebut kami memandang perlu dirintis pula sebuah lemvbaga pendidikan tingkat atas yang berbasis agama dan pondok pesantren yaitu Pondok Pesantren Tahfidz dan Sains Al Qur’an “NUSANTARA”  di wilayah Kecamatan Sumbang.  dengan alasan mendasar sungguh sangat disayangkan bila generasi muda diwilayah Kecamatan Sumbang terbelkang dalam pendidikan terutama pendidikan Agama.

                   Dengan  latar belakang dan pertimbangan kondisi yang obyektif maka kami merasa terketuk hati bila seandainya kami dapat membangun dan mengembangkan lembaga pendidikan untuk mereka mereka yang berada dipelosok Kecamatan Sumbang yang tidak tersentuh oleh promosi lembaga pendidikan yang ada supaya dapat melanjutkan pendidikannya di sekolah lanjutan tingkat atas, kam secara sukarela membangun daerah kami sendiri walaupun dengan kekuatan yang dimilik begitu terbatas, Semoga  niyat baik kami mendap[at Ridho Alloh Tangala dan dimudahkan segala urusan kedepannya. Sehingga rintisan Lembaga Pendidikan Madrasah Aliyah disepakati atas Pendirian Pondok Pesantren Tahfidz dan Sains Al Qur’an “NUSANTARA”  Sumbang yang diimbangi dengan Berdirinya  Pondok Pesantren Tahfidz  Al Qur’an yang menitikberatkan pada Sains Al Qur’an  yang selanjutnya disebut PPSQ “ NUSANTARA”

7.  VISI PPSQ NUSANTARA

            RELIGIUS, BERAKHLAQ MULIA, UNGGUL DALAM PRESTASI, BERWAWASAN LINGKUNGAN, ILMU DAN TEKNOLOGI”

8.   MISI PPSQ NUSANTARA

1.      Mengaplisakikan keilmuan yang dimiliki berlandaskan iman dan taqwa

2.      Mengiplementasikan iman dan taqwa terhadap Alloh Tangala secara integral

3.      Memotifasi komitmen yang tinggi untuk mencapai keberhasilan yang diridhoi Alloh Tangala

4.      Menumbuhkan nasionalisme dan patriotisme yang islami

5.      Meningkatkan kepekaan sosial dan sifat kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman

6.      Meningkatkan kemampuan ketrampilan sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman

9.    PROGRAM UNGGULAN

-          Bahasa Arab

-          Bahasa Inggris

-          Tata Busana dan

-          Dasar dasar Otomotif

5

 

DATA ASADIDZ

Jumlah

SMA

D1

D2

D3

S1

S2

S3

 

1

Asadidz  Diperbantukan

1

 

 

 

 

 

1

 

 

2

Asadidz Yayasan

6

 

 

1

 

2

3

 

 

4

Pegawai Tetap Yayasan

1

 

 

1

 

 

 

 

 

6

DATA  SANTRI

Jumlah

KELAS AWAL

KELAS MUSTHO

KELAS ULYA

KET

Pa

Pi

Pa

Pi

Pa

Pi

 

1

Pendaftar

75

8

15

7

8

 

 

 

2

Masuk Pindahan

1

 

 

 

1

 

 

 

3

Pindah/Keluar

1

1

 

 

 

 

 

 

4

Dikeluarkan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

JUMLAH ROMBEL

ROMBEL

KONDISI

 

BAIK

RUSAK

PARAH

 

1

KELAS ULA

1

 

 

 

2

KELAS TSANI

1

 

 

 

2

KELAS WUSTHO

1

 

 

 

4

JUMLAH

3

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

 

 

PPSQ “NUSANTARA  SUMBANG

Pengurus PPSQ “NUSANTARA”

 

                        Pengasuh                       

 

 

HJ ROFINGAH, S.Ag

 

K.H AMIN KHOERUDIN, M.Pd.I