“Atau paling tidak jadilah seperti rembulan yang mampu mengarahkan sinar, menerangi bumi di malam gulita. Cahaya matahari seperti ilmu dan kasih yang tak pernah berkurang meskipun senantiasa dipancarkan untuk menerangi semesta.”
Doktren Sains Al Qur'an Nusantara dan Madrasah Aliyah Ma'arif NU Sains Al-Qur'an Sumbang membuka pendaftaran santri baru
Minggu, 18 Agustus 2019
BEGALAN
Urip kuwe mung nunggu wektu loro 1. Nunggu Wektu Sholat 2. Nunggu Wektune Disholati
Kangge Sungkeman wonten Basa Jawi lan Idhul Fitri | Sungkem nyuwun pangapunten kangge Lebaran utawi pur puran Luberan barokah | Tuladha Sungkeman Basa Jawi Halus lan Artosipun | ukara Sungkeman Adat Jawi - kangge tiyang jawi nalikane lebaran nggih menika moment kang tepat kangge nglakokaken sungkeman utawi kasebat istilah nyuwun lan pasrah pangapuran Tata caranipun kang sederhana sungkem sendiri biasanya sambil duduk, dan mereka yang lebih muda akan mencium asta kekalih sinungkep daapit astane tiyang ingkang kalangkung sepuh saudari saking kalangkung sepuh. Mboten cekap dugi semanten kemawon, piyambakipun ingkang kalangkung nem ajeng ngaturaken salam pangalembana kantj tembung arupi basa jawi alus kanthi kromo ingil.
Kangge tiyang jawi, lebaran kirang pas bilih mboten dipun wiwiti jaliyan kaliyan wontenipun tradisi sungkeman. Biasanipun, priyantun ingkang langkung nem ajeng mlampah milangkori ngubengi grita sederek ingkang langkung sepuh utawi ingkang dipun dituakan. Sesampunipun jajah desa milangkori ngubengi lan sungkeman, biasanipun dipun susul kaliyan adicara maem. sesarengan kaliyan kelan spesial diing dinten lebaran. Salah satunggalipun nggih menika kupat campur santen opor ayam atawi opor bebek. Lan tentunipun nggadhahi makna ingkang benten ing antawisupun daerah ing Indonesia. Nanging , sak mbotenipun tata cara lebaran idhul fitri panci mboten onclat saking apu apuranan, Nanging , saben daerah lan wilayah nggadhahi asma lan tradisi piyambak.
om.
Nah, kangge lare nem neman ingkang fereng saged sanjang nalikanipun sungkemdatengbkadeuhan ing basa jawi, lan kangge lare kang sanes asli tiyang jawi lan mungkin kirang lancar ing dalem ngginakaken basa jawi khususipun jawi alus. Sampeyan boten usah bingung keder sanjang nopo maturipun tembung tembung napa kangge nglampahi tradisi sungkeman ing daerah jawi. Menika kula damelaken kumpulan tembung tembung kangge sungkeman jawi halus kangge sampeyan.
Urip kuwe mung nunggu wektu loro 1. Nunggu Wektu Sholat 2. Nunggu Wektune Disholati
Babad Sawangan Kebasen
Sawangan adalah desa di disktrik Kebasen, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia. Grumbulnya adalah Gombolori, Cunthelan,Jurugbunglon, Menganti, kebotoan, dan karangmangu. Desa Sawangan bersamaan batasnya dengan Desa Kaliwedi (Timur), Desa Kalisalak (Utara), Desa Kebasen dan Gambarsari (Barat) serta bersamaan batasnya langsung dengan Kabupaten Cilacap (Selatan). Batas Selatan Desa Ini adalah Jalan Raya Sampang-Buntu, yang menghubungkan Cilacap-Jogja dan adalah anggota dari Jalan Nsional Selatan Jawa.
Urip kuwe mung nunggu wektu loro 1. Nunggu Wektu Sholat 2. Nunggu Wektune Disholati
Rabu, 01 Mei 2019
Nyadran Tradisi Ziarah yang Menyejarah di Leler Randegan Kebasen Banyumas
- Slasa Kliwon, 30 April 2019 - 17:00 WIB
- HUDABRAH CAKEBASEN
Ngajengaken wulan suci Ramadhan, minangka masyarakat ingkang taksih njunjung duwur kebudayan Jawi, nindakaken tradisi bersih makom leluhur utawi ingkang populer sinebut nyadran. Sak lebetipun tradisi Nyadran, keluargi leluhur bersihaken maqom leluhuripun ingkang sampun sumare, kanthi lampahan bersihaken dirinpribadinkalangkung rumiyin. Lajeng nuli bundal, lan nglakukaken slametan ing maqom.
Biasanipun ya, Nyadran dilakokaken saben dinten ke-10 bulan Rajab atau tanggal 15, 20, dan 39-30 Ruwah atawane Sya’ban. ing tradisi ziarah kubur, biasane peziarah mbekta kembang telasih. Kembang telasih ngelambangaken pereke hubungan antarane peziarah kaliyan arwah ingkang dipun ziarahi. Saklajengipun bar Ndunga , para ziarah nggelar kenduri atawane mangan bareng tangga teparo ing sedawane dalan sing mpun digelari tikar lan godhong gedhang. Panganan sing digawa ngudokaken rupa panganan tradisional, kayadene apem, ingkung ayam, tumpeng bosok, sambal goreng ati, urap sayuran lan lawuh rempah, perkedel, tempe lan tahu bacem, lan liya- liyane
Spirit nyadran menikolah sing kehadirane tansah dikangeni. kayadene ajang silaturahmi sekeluarga besar kanthi penduduk masyarakat sekitare makam leluhur, nyadran kabukten bisa ngraketaken hubungan sosial. oranana sing ngerasa kepetak utawane ngeblok kotak-kotak atawa dipandeng sebelah mata, sebab mereka punya misi yang sama. Dari sini, terbukti jika nyadran yang merupakan satu bentuk akulturasi budaya ini mampu menjadi salah satu daya perekat sosial.
Nyadran: Ajang Meraup Berkah
Tak hanya nyadran ke makam leluhur. Pelaku nyadran juga kerap melakukannya di makam-makam keramat yang dipercaya mampu mendatangkan berkah. Sebagai contoh, di Kabupaten Banyumas, masyarakat melaksanakan nyadran di makam Syekh Muchorodin atau Mbah Agung Mulyo.
Di Kadilangu Kabupaten Demak, nyadran dilakukan di makam Sunan Kalijaga. Di Dusun Panjang Lor, Kelurahan Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, ritual nyadran dilakukan di makam Nyi Tirto Tinoyo atau lebih dikenal sebagai Nyi Panjang. Sementara warga Dusun Gesingan, Desa Bulakan, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo, menyelenggarakan ritual nyadran di Pemakaman Gesingan.
Dibumikannya nyadran oleh Walisongo dalam mendakwahkan Islam, memang telah mengubah wajah nyadran yang dahulu merupakan tradisi Hindu-Buddha. Nyadran diselaraskan dengan ajaran Islam, yakni dengan pembacaan ayat Al-Quran, tahlil, dan doa. Pada akhirnya, nyadran pun menjadi satu bentuk simpul hubungan antara leluhur dengan sesama manusia dan Tuhan.
Urip kuwe mung nunggu wektu loro 1. Nunggu Wektu Sholat 2. Nunggu Wektune Disholati
Minggu, 10 Maret 2019
Hudabrah_Cakebasen
Pagar nusa merupakan wadah beladiri yang dibentuk dari kalangan kyai dan dikembangkan dibawah badan otonom Nahdlatul Ulama. pada umumnya pencak silat dengan identitas kebesaran memiliki sabuk/sanggar berwarna hijau dan memiliki seragam resmi nasional berwarna hitam. meskipun didalam pagar nusa sendiri memiliki banyak aliran silat akan tetapi tatacara dalam pembukaan latihan semuanya sama berikut penjelasan bagaimana tatacara pembukaan latihan pagar nusa.
| Prosedur mengajar pagar nusa |
- ♦ Restu kedua orang tua
- ♦ Berseragam lengkap
- ♦ Membawa peralatan yang telah ditentukan " Senjata imitasi dan air mineral"
- ♦ Berwudlu [ Bersuci ]
Pembukaan [ Do'a ]
- ♦ Duduk melingkar berdempetan
- ♦ Tawasul dan tahlil
- ♦Bacaan tawasul dan tahlil
Prosedur 1 dipimpin oleh pelatih
- ♦ Baris berbaris
- ♦ Salam pembukaan
Prosedur 2 dipimpin ketua siswa
Pemanasan & Pelemasan
Pemanasan & Pelemasan
- ♦ Dimulai dengan pemanasan dari atas kebawah
- ♦ Ditutup dengan pelemasan dari atas kebawah
- Kmemudian laporan pemanasan dan pelemasan selesai kepada pelatih
Prosedur 3 dikomandoi satu pelatih dan didampingi satu asissten pelatih sebagai "pembenar"
Prosedur 4 dikomandoi pelatih
Praktek:
Materi & Sambung [Fight]
Sebagai salah satu uji coba materi yang telah diberikan sekaligus melatih siswa pagar nusa dalam menerapkan semua materi yang telah diajarkan sebagai bekal... baca juga prosedur melakukan praktek sambung selengkapnya disni.
Penutup
- ♦ Salam pagar nusa
- ♦ Fisik
- ♦ Pengulasan materi
- ♦ Istiahat
Prosedur 4 dikomandoi pelatih
- ♦ Penambahan materi
- ♦ Pengulasan seluruh materi
- ♦ Praktek
Praktek:
Materi & Sambung [Fight]
Sebagai salah satu uji coba materi yang telah diberikan sekaligus melatih siswa pagar nusa dalam menerapkan semua materi yang telah diajarkan sebagai bekal... baca juga prosedur melakukan praktek sambung selengkapnya disni.
Penutup
- ♦ Do'a
- ♦ Shalawatan & salam-salaman
Urip kuwe mung nunggu wektu loro 1. Nunggu Wektu Sholat 2. Nunggu Wektune Disholati
Jumat, 08 Maret 2019
00.15 dini hari di Jum'at Paing
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Disini Al faqier Hudabrah cakebasen
ingin sekedar sharing ma'af kalau berantakan thread nya dan semoga ga repost
Kidung merupakan bagian dari seni dan budaya bangsa Indonesia yang lahir di pulau jawa...
Pada awalnya sebelum zaman Wali Sanga, Kidung adalah susunan sastra yang di tembangkan oleh orang - orang bertaraf khusus (sakti mandra guna) sebagai wasilah (perantara) permohonan kepada Sang Hyang Taya (Tuhan Yang Tidak Bisa Di Ilustrasikan dan Tidak Menyerupai Makhluq), sehingga estetika nuansa kidung sangat identik dengan kesyakralan dan mistis
Pada zaman Wali Sanga, keberadaan Kidung tetap di lestarikan, hanya saja nilai~nilai bahasa Kidung di selaraskan dengan ajaran Islam tanpa mengurangi nilai kesyakralan dan kemistisan sebagai bagian dari keindahan warisan Leluhur Orang Jawa
Termasuk lahirnya Lakon Wayang Kulit Dewa Ruci yang terus melegenda sejak 500th yang lalu hingga detik ini pada mulanya bersumber dari Kidung yang di susun oleh Kanjeng Sunan Kalijaga (Kidung Linglung)
Secara terminologi, Kidung bisa berarti Doa atau bahasa Sejarah (Lelaku) dalam meraih kesempurnaan dan kebahagiaan hidup dengan bersandar pada Permohonan kepada ALLOH SWT
Jika anda berkidung berarti anda telah berdoa dan anda membaca sejarah perjalanan diri anda sendiri menuju Ma'rifat kepada ALLOH SWT (dalam bahasa Tasawuf bisa di sebut sebagai seorang Salik atau Suluk yang sedang ber-Thoriqoh)
Sehingga sangatlah wajar bila para ahli spiritual dan para cendikiawan metafisik berpendapat bahasa kidung memiliki ruh yang sulit untuk di terjemahkan dengan bahasa lisan, dan semua itu adalah bagian dari indahnya warisan seni serta budaya jawa yang tetap Adiluhung sepanjang masa ...
"KIDUNG WAHYU KOLOSEBO”
Rumekso ingsun laku nisto ngoyo woro
Kelawan mekak howo, howo kang dur angkoro
Senadyan setan gentayangan, tansah gawe rubeda
Hinggo pupusing jaman
(Duh Gusti Alloh Pengeran kula… Dengan seluruh kekuatan yang Engkau berikan, sesungguhnya saya akan berjuang memerangi sifat dusta yang ada didalam diri saya, dan dengan sepenuh hati saya akan membentengi diri saya dari gerakan nafsu angkara murka yang menyesatkan, meskipun syetan laknat terus ber-grelya membujuk anak manusia berbuat jahat sepanjang jaman)
Hameteg ingsun nyirep geni wiso murko
Maper hardening ponco, saben ulesing netro
Tinambaran sih kawelasan, ingkang paring kamulyan
Sang Hyang Jati Pengeran
(Duh Gusti Alloh … Rupanya iblis membiuskan api – api kesesatannya di dalam jiwa dan raga saya, dan saya sudah bertekat disetiap nafas berhembus bahkan pada setiap mata berkedip saya akan berperang dengan mereka di medan laga, sehingga mereka tidak lagi memiliki kemampuan menguasai 5 perkara yang ada di tubuh saya *Telinga, mata, hidung, mulut dan 2 lubang di bawah perut*, dan dengan Kasih Sayang-MU Gusti Alloh … Hujanilah jiwa raga saya dengan kemualian-kemulian-MU, dan sungguh Engkaulah DUH GUSTI DZAT YANG MAHA ABADI)
Wassalam'alaikum Wr Wb
Al Faqier
Hudabrah Cah Andalusia
Assalamu'alaikum Wr.Wb
Disini Al faqier Hudabrah cakebasen
ingin sekedar sharing ma'af kalau berantakan thread nya dan semoga ga repost
Kidung merupakan bagian dari seni dan budaya bangsa Indonesia yang lahir di pulau jawa...
Pada awalnya sebelum zaman Wali Sanga, Kidung adalah susunan sastra yang di tembangkan oleh orang - orang bertaraf khusus (sakti mandra guna) sebagai wasilah (perantara) permohonan kepada Sang Hyang Taya (Tuhan Yang Tidak Bisa Di Ilustrasikan dan Tidak Menyerupai Makhluq), sehingga estetika nuansa kidung sangat identik dengan kesyakralan dan mistis
Pada zaman Wali Sanga, keberadaan Kidung tetap di lestarikan, hanya saja nilai~nilai bahasa Kidung di selaraskan dengan ajaran Islam tanpa mengurangi nilai kesyakralan dan kemistisan sebagai bagian dari keindahan warisan Leluhur Orang Jawa
Termasuk lahirnya Lakon Wayang Kulit Dewa Ruci yang terus melegenda sejak 500th yang lalu hingga detik ini pada mulanya bersumber dari Kidung yang di susun oleh Kanjeng Sunan Kalijaga (Kidung Linglung)
Secara terminologi, Kidung bisa berarti Doa atau bahasa Sejarah (Lelaku) dalam meraih kesempurnaan dan kebahagiaan hidup dengan bersandar pada Permohonan kepada ALLOH SWT
Jika anda berkidung berarti anda telah berdoa dan anda membaca sejarah perjalanan diri anda sendiri menuju Ma'rifat kepada ALLOH SWT (dalam bahasa Tasawuf bisa di sebut sebagai seorang Salik atau Suluk yang sedang ber-Thoriqoh)
Sehingga sangatlah wajar bila para ahli spiritual dan para cendikiawan metafisik berpendapat bahasa kidung memiliki ruh yang sulit untuk di terjemahkan dengan bahasa lisan, dan semua itu adalah bagian dari indahnya warisan seni serta budaya jawa yang tetap Adiluhung sepanjang masa ...
"KIDUNG WAHYU KOLOSEBO”
Rumekso ingsun laku nisto ngoyo woro
Kelawan mekak howo, howo kang dur angkoro
Senadyan setan gentayangan, tansah gawe rubeda
Hinggo pupusing jaman
(Duh Gusti Alloh Pengeran kula… Dengan seluruh kekuatan yang Engkau berikan, sesungguhnya saya akan berjuang memerangi sifat dusta yang ada didalam diri saya, dan dengan sepenuh hati saya akan membentengi diri saya dari gerakan nafsu angkara murka yang menyesatkan, meskipun syetan laknat terus ber-grelya membujuk anak manusia berbuat jahat sepanjang jaman)
Hameteg ingsun nyirep geni wiso murko
Maper hardening ponco, saben ulesing netro
Tinambaran sih kawelasan, ingkang paring kamulyan
Sang Hyang Jati Pengeran
(Duh Gusti Alloh … Rupanya iblis membiuskan api – api kesesatannya di dalam jiwa dan raga saya, dan saya sudah bertekat disetiap nafas berhembus bahkan pada setiap mata berkedip saya akan berperang dengan mereka di medan laga, sehingga mereka tidak lagi memiliki kemampuan menguasai 5 perkara yang ada di tubuh saya *Telinga, mata, hidung, mulut dan 2 lubang di bawah perut*, dan dengan Kasih Sayang-MU Gusti Alloh … Hujanilah jiwa raga saya dengan kemualian-kemulian-MU, dan sungguh Engkaulah DUH GUSTI DZAT YANG MAHA ABADI)
Wassalam'alaikum Wr Wb
Al Faqier
Hudabrah Cah Andalusia
Urip kuwe mung nunggu wektu loro 1. Nunggu Wektu Sholat 2. Nunggu Wektune Disholati
Senin, 25 Februari 2019
MA MA'ARIF NU SAINS AL QUR'AN
PONDOK PESANTREN SAINS AL QUR'AN NUSANTARA SUMBANG KAB BANYUMAS
Salah satu ujian praktek di sekolah saya yang mengusikan beberapa bidang mata pelajaran Bahasa Jawa sebagai Bahasa Pesantren yang mampu menju jung moralitas Akhlaqul Karimah para santri. Para siswa siswi mengikuti ujian praktek ini dengan antusias. Sebagai contoh ujian praktek bahasa jawa yang menyuruh para siswa siswinya untuk menuluskan ragam tulisan kedalam aksara berhuruf jawaserta melakukan Maca Guritan serta praktek menyajikan, menfatur meja makan, dihadapan para Ustadz dan Ustadzah Pondok Pesantren, tdengan menggunakan ragam bahasa jawa dan mereka menggunakan baju kebaya hijab atau batik. Dalam penampilan mereka, mereka menambahkan supaya membuat penampilan mereka menarik dan bagus. Tujuan ujian praktek ini adalah untuk mengingatkan para siswa siswinya agar tidak lupa dengan tradisi-tradisi yang ada di Indonesia terurama adat jawa yang
sudah ada sejak zaman dulu. Karena seiring dengan perkembangan zaman banyak siswa siswi yang lupa dengan tradisi-trdisi jawa tersebut seberti lagu-lagu daerah.
Untuk itu kita sebagai generasi muda harus dapat melastarikan kebudayaan indonesia yang semakin memudar ini, kalau bukan kita sebagai senerasi muda siapa lagi.
sudah ada sejak zaman dulu. Karena seiring dengan perkembangan zaman banyak siswa siswi yang lupa dengan tradisi-trdisi jawa tersebut seberti lagu-lagu daerah.
Untuk itu kita sebagai generasi muda harus dapat melastarikan kebudayaan indonesia yang semakin memudar ini, kalau bukan kita sebagai senerasi muda siapa lagi.
Urip kuwe mung nunggu wektu loro 1. Nunggu Wektu Sholat 2. Nunggu Wektune Disholati
Langganan:
Komentar (Atom)




