Senin, 06 Oktober 2025

PRAMUKA UPDATE SANDI SANDARAN

 SANDI SANDARAN 

BY HUDABRAH CAKEBASEN 



NO

ABJAD

SANDARAN

1

A

2

2

B

6

3

C

<

4

D

5

5

E

,

6

F

:

7

G

9


8

H

4

9

I

1

NO

ABJAD

SANDARAN

10

J

!

11

K

#

12

L

-

13

M

3

13

N

=

14

O

0

15

P

?

16

Q

&

17

R

%

 

NO

ABJAD

SANDARAN

18

S

8

19

T

+

20

U

0,

21

V

22

W

10

23

X

>

24

Y

7

25

Z

/




Jumat, 29 Agustus 2025

CERKAK SENJA SING DADI PUNGKASANE KANG OJOL

 "Senja Sing dadi Pungkasane Kang Ojol"



Affan Kurniawan nembe baen ngrampungaken nglaksanakna  Sholat Ashar nalika biyunge ngundang  sekang pedangan. "Fan, mangan ndisit nak. Ora usah grasa gurus gugup metu." Suarane biyung sing  lembut, tapi kebek  kasih sayang sing tansah nggawe dadane Affan krasa anget. Deweke nylingak njuran mesem.


"Sekedap nggih, Yung. Affan mung sekedap medalipun. Wonten  orderan caket mriki kok."


Biyunge Alfan Manggut manggut, senajan penggalih lan manahipun nggrungsang. Kaya kaya Biyunge wis mangerteni, anak panggedhe mauyen wis karep sering meksa awak dewek. Bujang pantaran umur 21 tahun, tapi pundake wis kudu bisa nyanggah nanggung beban panguripan kaya kaya dunya ngudokaken dadi cah lanang sing bisa lewih  cepet dewasa. Sapet ramane deweke seda kanggo selawase, Affanlah sing sering dadi tulang punggung keluargane.


Karo nganggo  jaket ojole sing wis mandan leseh tur kucel werna ijone mau, deweke mudhun sekang umah  kontrakan sederhana sing nang dalan Jatipulo. Senja mau, langit Jakarta warnane  jingga kecampur bledug. Dalanan sing ramen, brisik swara mesin, kaya nyimpen rahasia gedhe. Affan ngerti, sore kuwe mau pasemeon kang pungkasan ndelelng  cahyane srengenge.


Motor sing wis tua metu klawan swara alon, nlusuri dalan sing  molahi rapet. Sekang kadohan, Deweke keprungu swarane massa. Omongan-omongan sing serus nag sekitare Gedung DPR/MPR. Affan  udu  demonstran, Deweke mung  arep jujug rezeki. Tapine Jakarta agi mandan gelisah. Dalan sing biasane dadi jalur kerja, sikine owah dadi panggung kesuhan.


"Liwat ngendi , ya Alloh," batine Alfan lon alonan, karo ngelong gas motore.


Deweke arepan nyeberang dalan, golet jalur alternatif. Namung aspale mandan lunyu, kebek sisa banyu lan kerikil. Ban motore oleng. Ora let suwe, awake Affan kebanting, deweke tiba nag tengahe riyuh. njuran deweke  berusaha menyat, dhengkule lecet, napase lepogen.

Njuran, swarane  mesin raksasa kuwe mau tekan, rantis Brimob, seukuran raksasa wesi, mlaju tanpa kompromi. Wong-wong bengak bengok. "Ana ojol nang ngisore! Ana woang tiba! Hup Manddeg!" Suara-suara wong wong mumbulnembus awang awang, tapi ora nana  rem sing detarik.


Affan meruhi  bayangan ireng gede mau  merek. Waktu kayane lingsep. Deweke kemutan pasuryane biyunge nag pedhangan, kemutan pesan sing urung sempat dijawab nang HPne, kemutan impenan sederhana, pingin nukokaken kursi roda kanggo simbah sing ora bisa tindakan adoh. Luh netra netes, kecampur bledug dalan.


"Ya Alloh, jaganen Biyungku..."Pngucap Lesane alon".


Detik berikute, deru roda baja  nutupi pandengan. Awake bocah nom noman mau ora sempat mlumpat. Mung jeritan massa kang  nggema nyuwara, mbelah langit Jakarta wingi kuwe

Kanca Kanca  ojol pada mlayu, ngangkat  njunjung awake sing wis ora kuwat nglawan takdir. Deweke bndang age age meng Rumah Sakit sing perek, Kanthi pengarep arep ana mukjizat. Tapine nang lurung anyep rumah sakit, napas Affan kandheg. Senyume wis mbeku, ninggalaken kasepen kang dawa.


Nang umah duka, Biyunge nunggu. Pandhenage  kosong nalikane  mori putih nutupi pasuryan anak kang sewengine isih  teyeng pamitan. Tangis pecah, dredes, kaya dene udan kang telung dina ora leren. "Fan, kowe urung sempat mangan... Kowe urung sempat balik pamitan," sesenggukane biyung, ngrangkul awak sing wis  kaku mau.


Para kancat ojol ngadeg karo matane sembab. Deweke udu hany kelangan kawan, tapi uga kaca  perjuangan, pawongan kanoman sederhana sing arepan kerja, namung justru bali minagka  pahlawan tak bernama.


Jakarta wingi kuwe krasa lewih adem. Asep  kukus demo esih ngepul, lampu dalan esih murup uga, tapi siju cahya sing sirep redup kanggo  selawase. Arane  Affan Kurniawan mung gari kenangan, tapi luka lara  kang dewewke  tinggalna bakalan terus urip nag  dada para kanca kang nrsnani.


Ndeyan, nang langit, deweke siki agi  jujug pesanan terakhire, minangkani  donga, supaya biyunge tetep kuwat, lan negeriku kiye ora maning  doyan mangan bocah bocahe dewek. 😭

Jumat, 15 Agustus 2025

KELINGAN

 Ati kang apik bakale tansah weruh perkara apik



Nalika semenane, Aku bisa duwe kesempatan  ziyaroh nang aring mekah ketemu pirang pirang tamune Alloh.  Sak dawane obrolan utawane banyolanku tek gawe  santai, sang tamu asal palestin cerita nganggo bahasa arab pedinan untunge batirku bisa paham 


> “Aku ditakoni karo wong palestin mau, nang  Arab Saudi—kepara nang Mekkah—ya ana pelacur sing ngannggo cadar lan hijab.”


Aku mung mesem lan tek jawab,


> “Oh ya? Aku uga  nembe baen sekang london  inggris lan New York. Kanyata nang kana aku ora nemu  pelacur.”


Kanyata kancaku mau kaget. “Ach, masa sih mana mungkin Kang ! Nang  Mekkah sing tanah suci baen ana, apamaning nang london inggris ?”


Lan akupun ngomong karo deweke tur nganggo rasa sing anteng,


> “Dewek kiye, arepan  ditomaken karo apa sing dewek goleti. Nekan sing arep digolet mung  kasoran, mangka nang tempat suci sekalipun, kasoran kuwe bakale  ndhongol. Sewalike, nekane  sing awak dewek goleti kebagusan, nang satengahe  hiruk-pikuk dunya kiye sekalipun, kebagusan mau mesthi bakale  dewek temokaken.”


Kisahku kiye ngelingaken lamona awak dewek  bisa introspeksi pesen terakhir Baden Powell, pendiri Gerakan Kepanduan, sing nate nulis:


> “Lewih apik ndeleng kebagusan-kebagusan nang aring perkara tinimbang mung nggoleti kasorane-wong liyan.”


Minangka  insan Gerakan Pramuka, organisasi berbasis sukarela lan berorientasi pendidikan, awake dewek kiye katimbalan kanggone dadi bagenan sing  bisa kanggo ndandani, mbangun lan nguataken. dudu nggawe kisruh swasana.


Kilika sotenkesalahane liyan, nekan  ditlukuri, mesti bakalan ketemu. Meski kadang salah benare uga bisa Subjektif.


Namung awak dewek aja nganti  nglalekaken kebagusan sing wis ana, satemah kaya salah kabeh. 


Mangka saben awak dewek  kudu bisa tanggung jawab njaga citra Gerakan Pramuka sing den tresnani kiye


Nang 64 Tahun Gerakan kiye. Posting perkara perkara positif sing bisa nggawe swasa urip. Gitulna perkara  kang becik lan bisa menginspirasi.


Mangga nglatih nata ati kanggo ndeleng  kang apik, lan tangan kiye kanggo nglaksanani penggaweyan  sing manfaati kanggo generasi ngarepe


Muga muga Gusti Pengeran Kang Maha Kuwasa njaga Gerakan Awake Dewek. Lewat Gerakan Pendidikan Kepanduan Praja Muda Karana.


*Selamat Hari Pramuka ke-64*

*Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia!*

Rabu, 18 Juni 2025

PENGEMBARAAN

 Penegak 




Madrasah Aliyah Ma'arif NU Sains Al Qur'an dan Santri Pondok Pesantren Sains Al Qur'an Nusantara Sumbang KAB Banyumas Gelar Pengembaraan Terbatas  Upacaya Membangun Karakter Islami dalam Pencapaian SKU Penegak Laksana Kegiatan bertajuk Orientasi Pengabdian Masyarakat Mengukir Petualangan dan Kebersamaan: Pengembaraan Pramuka Ambalan Kia Ageng Tambakbayan Gudep 02.07.3601 dan Ambalan Nyi Dyah Sawitri Gudep 02.07.3602


Suasana ceria dan semangat membara memenuhi udara pada tanggal 13 Juni  2025 di Komplek Pondok Pesantren Sains Al Qur'an Nusantara, Jum'at  itu menjadi saksi bagi petualangan tak terlupakan para anggota Pramuka Penegak Laksana dalam kegiatan Pengembaraan Pramuka Ambalan Kie Ageng  Tambakbayan dan Nyi Dyah Sawitri yang berpangkalan di Gugus DepanMadrasah Aliyah Ma'arif NU Sains Al Qur'an Sumbang Banyumas 


Pengembaraan, sebuah pertemuan pramuka penegak  yang berbentuk penjelajahan, menjadi wadah bagi para peserta untuk mengaplikasikan pengetahuan tentang ilmu medan, seperti peta dan kompas, serta keterampilan survival yang menjadi ciri khas kepramukaan.


Para peserta yang bersemangat terdiri dari semua anggota Pramuka Penegak Bantara dari kelas 10, sebanyak 17 siswa Putra, dan 20 Siswi  yang siap menjelajahi petualangan seru ini. Mereka didampingi oleh 12 orang Pembina Pramuka Gudep Dan Dewan Asatidz, 36 orang Dewan Ambalan Masqumambang, dan 10 siswa-siswi Tim PMR.


Pukul 07.30 WIB, Pengembaraan pun dimulai dari Pos 1 di Madrasah Aliyah Ma'arif NU Sains Al Qur'an dengan yel-yel yang memompa semangat para peserta. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pembuatan tandu/dragbar di Pos 2, di mana peserta mengaplikasikan keahlian kepramukaan dalam tali temali sambil belajar untuk menolong sesama teman dalam situasi darurat.


Pos 3 menjadi ajang untuk melatih ketangkasan dan ketahanan fisik peserta melalui kegiatan mountaineering, sementara Pos 4 mengajarkan keterampilan bertahan hidup di alam bebas. Perjalanan pun dilanjutkan dengan menempuh jarak sejauh 16 km dan melewati 3 kecamatan: Baturaden, Sumbang, dan Kembaran


Dan setelah mengarungi berbagai rintangan dan tantangan, saat tiba di Pos 5, suasana kebersamaan semakin terasa. Sebuah selebrasi kecil dilakukan, di mana semua peserta beramai-ramai menaburkan Holy Powder sebagai ungkapan kebahagiaan karena berhasil menyelesaikan Pengembaraan dengan baik.


Pengembaraan Pramuka Ambalan Kie Ageng Tambakbayan dan Nyi Dyah Sawitri Masqumambang  bukan hanya sekadar petualangan, tetapi juga pembelajaran dan pengalaman berharga bagi semua peserta. Mereka tidak hanya mengasah keterampilan kepramukaan, tetapi juga memupuk rasa solidaritas dan kebersamaan yang akan membekas dalam ingatan sepanjang masa.


Selamat kepada seluruh peserta yang telah menyelesaikan Pengembaraan dengan sukses. Semoga pengalaman ini menjadi bekal berharga dalam menjalani kehidupan dan mewujudkan semangat kepramukaan, “Siap Sedia”   Disela Jumpa Tokoh Masyarakat dilakukan Bersih Kuburan, Lingkungan Mesjid dan Mushola serta diakhir petualangannya mereka menyempatkan tanam sejuta pohon dan tabur benih ikan 


Satyaku Kudarmakan, Dharmaku Kubaktikan


https://ayopramuka-kwarnas.id/feed/684ea53f3f5a8b60f300cd22

Senin, 02 Juni 2025

SANTRI MENDUNIA



Suasana sore yang warnai kabut sedikit mendung, Senin 2 Juni 2025  terasa makin bermakna dalam program "Sore Ceria" di Pro 2 RRI Purwokerto, yang kali ini menghadirkan Santri  Pondok Pesantren Sains Al Qur'an  bersama Siswa Madrasah Aliyah Ma'aif Sains Al Qur'an  Sumbang atau lebih familier dengan subutan Masqumambang  mengusung tema reflektif: "Santri Mendunia". Acara ini dipandu oleh Unang,  yang dikenal dengan gaya siarannya yang tenang namun hangat, serta menghadirkan narasumber inspiratif, Rangga Pratama Pemangku Adat, Agi Ssputra Pradana Putra dan Najwa Asfi Zahrani Pradana Putri dari Ambalan Kie Ageng Tambakbayan dan Nyi Dyah Sawitri ,  Dalam sesi yang berlangsung penuh makna ini, Rangga mengulas secara mendalam Dewan Ambalan serta Progres Santri di PPSQ Nussntara. Ia menjelaskan,kiyat serta bagaimana cara menghadapi santri yang males setoran sebagai bentuk pendewasaan karakter baik si Madrasah maupun di Pesantren itu sendiri.

"Futuh yang harus dibawa Santri PPSQ itu manusiawi, tapi jangan dibiarkan berlarut. Perlu muhasabah, teman yang baik, dan amalan ringan yang terus dilakukan secara konsisten," jelas Najwa Asfi Zahrani sang Pradani Putri  dalam salah satu segmen. Respon dari pendengar pun sangat tinggi. Beberapa pertanyaan yang masuk melalui WhatsApp Pro 2 menandakan keterlibatan aktif audiens dalam menyimak dan ingin lebih memahami bagaimana bisa menjadi santri sang penghafal Al Qur'an dan bersamaan dengan program Sekolah di tengah kesibukan dunia. Salah satu pendengar bahkan menanyakan bagaimana mengembalikan semangat ibadah ketika sedang merasa lelah  atau kehilangan arah, yang kemudian dijawab dengan penuh empati dan solusi praktis oleh Agi Saputra Sang Pradana Putra.

Acara ini menegaskan bahwa konten spiritual tetap memiliki tempat penting di tengah masyarakat, khususnya kalangan muda, ketika dikemas dengan ringan, interaktif, dan menyentuh kehidupan sehari-hari. salam literasi dan semangat memandu

Minggu, 25 Mei 2025

PITARAN PELATIH DAERAH JAWA TENGAH



 Pitaran Pelatih Tingkatkan Kualitas Pembina Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah 

 di Puskepram Candrabirawa, 24-25 Mei 2025 

--- hudabrah cakebasen ---

PRAMUKA JATENG  - Kwarda Jateng  menggelar kegiatan Pitaran Pelatih di Puskepram Candabirawa  Gunungpati pada tanggal 24 - 25 Mei 2025. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas para pelatih Pramuka di Jateng. Acara dibuka secara langsung oleh Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklatcab) Jawa Tengah  Kak Dr Wagiran, M.Hum


Dalam sambutannya, Kak Wagiran menyampaikan pentingnya kegiatan Pitaran Pelatih bagi kemajuan Gerakan Pramuka di Jateng "Pitaran Pelatih ini merupakan wadah bagi para pelatih untuk saling berbagi ilmu, pengalaman, dan inovasi dalam membina anggota Pramuka, dengan semakin berkualitasnya para pelatih, diharapkan akan semakin banyak generasi muda yang tertarik dan aktif dalam Gerakan Pramuka," ujar Kak Wagiran.


Kegiatan Pitaran Pelatih ini berlangsung selama dua hari penuh dan diisi dengan berbagai materi yang relevan dengan kebutuhan para pelatih, seperti metode pembelajaran yang efektif, pengembangan program kegiatan Pramuka, serta manajemen organisasi Pramuka. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mempraktikkan secara langsung materi yang telah disampaikan melalui simulasi kegiatan kepramukaan.


Selain itu, kegiatan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang silaturahmi antar pelatih Pramuka dari berbagai pangkalan di Jateng. Hal ini diharapkan dapat memperkuat tali persaudaraan dan kerjasama antar sesama pelatih.


"Saya sangat antusias mengikuti kegiatan Pitaran Pelatih ini, banyak ilmu baru yang saya dapatkan dan dapat langsung saya aplikasikan dalam membina anggota Pramuka di pangkalan " ujar salah satu peserta, Kak Machali Al-Banawy 


Dengan terselenggaranya kegiatan Pitaran Pelatih ini, diharapkan kualitas pembinaan Pramuka di Jateng dapat semakin meningkat. Hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan generasi muda yang menjadi anggota Pramuka, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri, tangguh, dan berkarakter.

Rabu, 14 Mei 2025

 






PENILAIAN AKHIR SEMESTER 
TAHUN PELAJARAN 2024/2025
                                                               LEMBAR SOAL                                
Mata Pelajaran          : ASWAJA
Kelas                           : X (Sepuluh)
Hari/Tanggal             : Selasa, 31 Mei 2024
Waktu                        : 11.45 – 13.15 WIB.
Petunjuk Umum :
1. Tulislah terlebih dahulu nama dan nomor peserta.
2. Kerjakan semua soal pada lembar jawab dengan menggunakan bolpoin.
3. Periksa dan baca dengan teliti petunjuk khusus dan soal sebelum menjawab.
4. Dahulukan menjawab soal-soal yang mudah.
5. Periksalah kembali pekerjaan anda sebelum diserahkan kepada pengawas
Petunjuk Khusus :
A. Berilah tanda silang (x) pada salah satu huruf a, b, c, d atau e sebagai jawaban yang anda anggap paling tepat!
1. Lima elemen pondok pesantren yang dapat membedakan dengan lembaga pendidikan lainnya adalah ….
a. kyai, kurikulum, masjid, kitab kuning
b. santri, asrama, kyai, kurikulum, ustadz
c. kurikulum, santri, asrama, majalah, pengurus
d. ustadz, asrama, masjid, kitab kuning, dana
e. kyai , santri, masjid, asrama, kitab kuning
2. Santri dibiasakan hidup dalam kesalehan ritual dan kyai sebagai peimpin yang kharismatik merupakan ciri dalam ….
a. pesantren kilat
b. pondok pesantren khalafi
c. pondok pesantren modern
d. pondok pesantren toriqot
e. pondok pesantren salafi
3. Metode yang digunakan kyai di pondok pesantren dengan cara membacakan, menterjemahkan, mengulas isi kitab dan santri mencatat buah pikirannya disebut …
a. Musyawarah                                          d. Jam'iyah
b. Bandongan                                            e. Taqrir
c. Mudarasah 
4. Salah satu nama Walisongo yaitu Syekh Maulana Malik Ibrahim dikenal sebagai sunan …
a. Sunan Bonang                                       d. Sunan Kalijaga
b. Sunan Muria                                          e. Sunan Gresik
c. Sunan Kudus
5. Firman Allah SWT. yang dijadikan dasar pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan yang berdasarkan Tafaqqahu Fiddin adalah ….
a. Q.S. At Taubah : 194                            d. QS. Ali Imran : 122
b. QS. At Taubah 122                               e.  QS. Al Qashas : 77
c. QS. Al Hujurat : 11
6. Berdirinya NU merupakan peran dua tokoh yang kharismatik dalam perjuangannya demi kemashlahatan masyarakat, kemajuan bangsa dan harkat martabat manusia, beliau adalah …
a. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Mas Mansyur
b. KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Abdul Wahab Hasbullah
c. KH. Hasyim ASy’ari dan KH. Ahmad Dahlan
d. KH. Bisri Syamsuri dan KH. Ridwan
e. KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Dahlan Ahyad

7. Sebelum NU lahir sebenarnya para ulama telah membentuk kelompok diskusi yang diberi nama ….
a. Tashwirul Wathon                                 d. Tashwirul Afkar
b. Nahdlatul Tujjar                                    e. Nahdlatul Wathon
c. Tashwirul Tujjar
8. Pada Muktamar yang ke-32 tahun 2010 dilaksanakan di …
a. Jakarta                                                   d. Medan
b. Semarang                                              e. Makasar
c. Surabaya
9. Ketua Umum terpilih pada Muktamar NU ke-32 di Makasar tahun 2010 adalah ….
a. KH. M.A. Sahal Mahfudz
b. KH. Wahid Hasyim
c. KH. Abdul Wahab Hasbullah
d. KH. Said Agil Siraj
e. KH. Ilyas Ruhyat
10. Pada masa penjajahan Belanda, Nahdlatul Ulama bersikap Non Cooperaion yang berarti….
a. tidak mau bekerja sama                         d. bersedia bekerja sama
b. bekerja sama dalam hal tertentu            e. menolak penjajahan
c. siap berperang
11. Muktamar Nahdlatul Ulama ke-II di Banjarmasin pada tahun 1936 memutuskan Indoensia sebagai….
a. Negara Kesatuan Republik Indonesia   d. Dar al Islam
b. Negara Federal                                      e. Dar al Um
c. Khilafah
12. Resolusi jihad yang dikeluarkan Nahdlatul Ulama pada tanggal 22 Oktober 1945 memberikan inspirasi lahirnya peristiwa….
a. Hari Pahlawan                                       d. Palagan Ambarawa
b. Sumpah Pemuda                                   e. Proklamasi Kenerdekaan
c. Pendidikan Nasional
13. Pemimpin Laskar Hizbullah dan Sabilillah adalah….
a. KH. Zainul Arifin dan KH. Masykur
b. KH. Zainul Arifin dan KH. Abdul Wahid Hasyim
      c. KH. Masykur dan KH. KH. Abdul Wahid Hasyim
d. KH. Masykur dan KH. Abdul Wahab Hasbullah
e. KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Abdul Wahid Hasyim
14. Laskar Hibullah dan Sabilillah dibentuk pada tanggal….
a. 11 Oktober 1944                                   d. 13 Oktober 1944
b. 12 Oktober 1944                                   e. 14 Oktober 1944
e. 11 Oktober 45
15. Tokoh Nahdlatul Ulama yang pernah ditahan oleh Jepang adalah….
a. KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Abdul Wahid Hasyim
b. KH. Hasyim Asy'ari dan KH. Mahfudz Shiddiq
c. KH. Abdul Wahid Hasyim dan KH. Mahfudz Shiddiq
      d. KH. Abdul Wahid Hasyim dan KH. Ahmad Shiddiq
e. KH. Mahfudz Shiddiq dan KH. Ahmad Shiddiq
16. Nahdlatul Ulama ikut memprakarsai berdirinya Majelis Islam A'la Indonesia pada tahun….
a. 1935                                                      d. 1938
b. 1936                                                      e. 1939
c. 1937
17. Pada masa Jepang perjuangan diplomasi Nahdlatul Ulama dilakukan melalui….
a. MIAI                                                     d. Volksraad
b. Masyumi                                               e. Shumubu
c. Seikere
18. Piagam Jakarta yang dirumuskan oleh Panitia Sembilan ditandatangani pada tanggal….
a. 22 Juni 1945                                          d. 22 Juli 1945
      b. 23 Juni 1945                                          e. 23 Juli 1945
c. 21 Juni 1945
19. Tokoh Nahdlatul Ulama yang menjadi salah satu anggota Panitia Sembilan adalah….
a. KH. Hasyim Asy'ari                              d. KH. Abdul Wahid Hasyim
b. KH. Abdul Wahab Hasbullah               e. KH. Ahmad Shiddiq
c. KH. Cholil Bangkalan
20. Nahdlatul Ulama senantiasa berusaha memegang teguh prinsip Ukhuwah dan Tasammuh. Makna Ukhuwah dan Tasammuh adalah….
a. pesaudaraan dan toleransi                     d. persaudaraan dan bersikap adil
      b. saling menghargai dan menghormati    e. saling menghargai dan tepo seliro
c. persaudaraan dan keseimbangan
21. Nahdlatul Ulama merupakan Jam'iyyah Diniyyah Islaniyyah artinya….
a. organisasi keagamaan dan sosial kemsyarakatan
      b. organisasi keagamaan Islam
      c. organisasi keagamaan dan ekonomi
      d. organisasi keagamaan dan politik
e. organisasi Islam
22. Cita-cita keagamaan NU yaitu Izzul Islam wal Muslimin menuju Rahmatan Lil’alamin. Cita-cita tersebut sebagaiman firman Allah SWT dalam al Quran, yaitu ….
a. Surat al Baqarah ayat 30                       d. Surat al MAidah ayat 3
b. Surat An NAhl ayat 78                                     e. Surat al Mukminun ayat 12-14
c. Surat al Anbiya’ ayat 107
23. Pendiri Nahdlatul Wathan adalah….
      a. KH. Hasyim Asy'ari                              d. KH. Abdul Wahid Hasyim
      b. KH. Abdul Wahab Hasbullah               e. KH. Ridwan
      e. KH. Abdurrahman Wahid


24. Cikal bakal Nahdlatul Ulama dibidang pendidikan adalah….
      a. Nahdlatul Wathan                                 d. Syirkah Inan
      b. Nahdlatul Tujjar                                    e. Tashwirul Afkar
      e. Lajnatun Nashihin
25. Tujuan Nahdlatul Ulama dibidang ekonomi disebutkan dalam Anggaran Dassar pasal….
a. pasal 6 huruf a                                       d. pasal 6 huruf c
      b. pasal 6 huruf b                                      e. pasal 6 huruf d
c. pasal 5 huruf d
26. Inti dari usaha yang dilakukan Nahdlatul Ulama dibidang ekonomi adalah….
      a. adanya pemerataan kesempatan berusaha
      b. menciptakan lapangan kerja
      c. memberikan pelatihan kerja
      d. menyiapkan tenaga kerja siap pakai
      e. mencerdaskan bangsa
27. Lembaga Pendidikan Ma'arif yang diberi kewenangan Nahdlatul Ulama untuk mengatur pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama berdiri pada tanggal….
      a. 19 September 1929                               d. 21 September 1929
      b. 20 September 1929                               e. 23 September 1929
      c. 21 September 1929
28. 1. Adanya tahapan-tahapan materi keilmuan
2. Adanya hirarkhi kitab yang menjadi bahan kajian
3. Adanya metodologi pengajaran yang bervariasi
4. Adanya jaringan pesantren yang menggambarkan tingkatan pesantren
5. Adanya ilmu-ilmu agama saja
Yang termasuk tradisi keilmuan di pesantren adalah ….
a. 1, 2, 4, 5                                             d. 1, 2, 3, 4
b. 2, 3, 4, 5                                             e. 1, 2, 3, 5
c. 1, 3, 4, 5
29. Nahdlatul Ulama menjadi peserta Pemilu pada tahun….
      a. 1955 dan 1971                                      d. 1971 dan 1978
      b. 1955 dan 1978                                      e. 1971 dan 1983
      c. 1955 dan 1983
30. Di bawah ini yang tidak termasuk tokoh reformasi adalah….
      a. KH. Abdurrahman Wahid                    d. Prof. DR. Amin rais
      b. Megawati Soekarno Putri                     e. Susilo Bambang Yudhoyono
      c. B.J. Habibie
31. Awal mulanya masa Reformasi ditandai dengan….
      a. runtuhnya orde lama  
      b. runtuhnya orde baru
      c. penyerahan kekuasaan dari Soekarno kepada Soeharto
      d. penyerahan kekuasaan dari Soeharto kepada KH. Abdurrahman Wahid
      e.  adanya demonstrasi
32. Qunut dalam shalat shubuh dilakukan….
      a. setelah mengangkat kepala dari ruku' dalam rakaat pertama
      b. setelah mengangkat kepala dari ruku' dalam rakaat kedua
      c. sebelum mengangkat kepala dari ruku' dalam rakaat pertam
      d. sebelum mengangkat kepala dari ruku' dalam rakaat kedua
      e. sebelum sujud dalam rakaat pertama
33  . Doa qunut yang dibaca pada shalat shubuh, menurut Imam Syafi'i hukumnya….
      a. wajib                                                      d. sunnah muakkad
      b. diperbolehkan                                       e. dipebolehkan waktu-waktu tertentu
      c. mubah
34. Qunut yang dibaca kaum muslimin dalam shalat fardlu ketika umat Islam menghadapi bahaya, wabah penyakit. Tantanga, bencana dan permusuhan dari orang-orang kafir, disebut….
      a. qunut subuh                                           d. qunut tarawih
      b. qunut witir                                            e. qunut Nazilah
      c. qunut sunnah
35. Apabila lupa membaca doa qunut pada shalat shubuh, yang harus dilakukan adalah….
      a. sujud syukur                                          d. sujud tilawah
      b. sujud sahwi                                           e. sujud besama-sama
      c. sujud sunnah
36. Dalam melakukan ziarah kubur perlu diperhatikan beberapa petunjuk, antara lain….
      a. ziarah dilakukan dengan penuh khidmat dan khusyu
      b. memakai pakaian serba putih
      c. memakai minyak wangi
      d. dilakukan secara bersama-sama
      e. membawa tasbih
37. Ziarah kubur sudah dilakukan sejak….
      a. masa Rasulullah SAW.                          d. masa tabi'it tabi'in
      b. masa sahabat e. masa ulama                  e. masa Walisongo
      c. masa tabi'in
38. Biasanya waktu yang dipilih untuk melaksanakan ziarah kubur adalah hari…
      a.kamis sore atau jumat pagi        
      b. Kamis sore atau jumat sore                   d. Jumat dan sabtu
      c. Jumat pagi atau jumat sore                    e. malam jumat dan malam sabtu
39. Pada masa awal Islam ziarah kubur sempat dilarang oleh Rasulullah SAW. Hal itu dimaksudkan….
      a. Mendoakan orang yang sedang meninggal dunia
      b. Bertawassul pada rasulullah SAW
      c. Menjaga akidah mereka yang belum kuat
      d. Mendapatkan barakah
      e.akidahnya sudah kuat
40. Di bawah ini yang tidak termasuk hikmah ziarah kubur, yaitu….
      a. mengingat akan alam akhirat                 d. meminta sesuatu pada ahli kubur
      b. berzuhud terhadap dunia                      e. mencari harta
      c. mengambil suri tauladan
B. Jawablah pertanyaaan di bawah ini!
1. Jelaskan peran Nahdlatul Ulama pada masa penjajahan Jepang!
2. Lembaga di Nahdlatul Ulama yang berwenang mengelola pendidikan di lingkungan Nahdlatul Ulama adalah LP Ma’arif. Kapan LP Ma’arif berdiri dan sebutkan Misi LP Ma’arif NU!
3. Nahdlatul Ulama merupakan organisasi keagamaan Islam. Sebutkan ciri keagamaan NU!
4. Nhdlatul Ulama akrab dengan budaya Ziarah Kubur. Bagaimana tata cara/petunjuk ziarah kubur?
5. Tulislah dalil tentang diperbolehkannya melakukan ziarah kubur beserta artinya